LEVEL UP! : Practical Management Book

A very late night update indeed!

Haha, maaf lagi on fayer aja sehabis baca buku ini:

13921105_10208761790376430_6612954367702543584_n

Management: A Practical Guide (2012)

Alison & David Price

 

Sedang tertarik banget belajar management πŸ™‚ ! Meskipun sekarang ini pekerjaan saya adalah game designer, sepertinya tidak ada salahnya belajar hal lainnya. Management bagi saya adalah keahlian untuk mengorganisasikan sesuatu untuk banyak hal agar bisa mencapai suatu tujuan dengan cara-cara yang efektif/berkualitas sebaik-baiknya. Mungkin hal pertama yang dipikirkan kebanyakan kita begitu mendengar ‘management’ secara gamblang adalah bagaimana menjadi ‘boss’. Namun itu hanyalah kulit luar, seiring perjalanan karir saya yang masih seumur tauge ini, saya semakin menyadari esensi management itu sendiri lebih dari keinginan untuk menjadi ‘sosok pengatur’ . Tapi saya pribadi sih untuk sekarang berusaha untuk tidak mengarahkan niatnya mutlak kesitu, syukur-syukur bisa mengenyam posisi ‘leader’ kelak he-he.

 

KETIKA BARU PAHAM MENGAPA MANAGEMENT DIBUTUHKAN

13891851_10208762036222576_8918696142930949784_n

Bekerja dengan sebuah tim berisi banyak orang tentunya banyak dinamika-dinamika yang terjadi, mulai dari macam-macam personality rekan kerja, perbedaan keahlian, hal-hal tidak terduga dalam menyelesaikan suatu project dan bermacam-macam drama lainnya (ya aku anggep ini drama aja sih biar seru). Dinamika itu kadang menyenangkan kadang menyebalkan dan banyak kompromi harus dilakukan untuk menjembatani banyak kepentingan dalam suatu tim. Untuk menyatukan keberagaman itu, diperlukanlah orang yang mengambil peran ‘manager’ untuk merapihkan & mengatur kesemuanya itu agar, misalnya, project selesai tepat waktu dengan keadaan tim yang enakeun dan flow kerja yang enak. Dinamika itu yang membuat saya sadar letak esensi peran management.

 

SAYA GAK PUNYA BACKGROUND MANAGEMENT

Mengenai ini, mungkin beberapa teman yang jebolan asli jurusan management sudah lebih khatam. Nggak semua orang suka dan memilih/punya kesempatan untuk ambil kuliah management secara spesifik, sedangkan setidaknya sedikit basic pengetahuan management itu dibutuhkan di hampir semua jenis perusahaan (jangan salah! mentang-mentang industri game yang fun, management itu juga multak dibutuhkan). Management sendiri secara praktikalnya menurut saya suatu konsep berpikir dan tindakan yang sangat abstrak, metode management satu belum tentu cocok diterapkan untuk kondisi yang berbeda. Tidak ada kepastian benar/salah secara mutlak karena bidang ini fokus pada MANUSIA, makhluk yang emang kompleks dari sononye. Sering banget tuh saya dengar beberapa teman saya (dan ahem pacar juga hi-hi) yang sudah di posisi manajer nyeletuk “Duh lebih susah ngatur orang daripada programming” (karena saya ngomongnya sama mantan programmer).

 

LALU SAYA MENEMUKAN BUKU INI

13924895_10208762036422581_2300318113727437614_n

Daftar isi bukunya. Kelihatan kan, poin-poin di buku ini sangatΒ fokus pada aspek praktikalnya

Sebelumnya sayaΒ juga sudah pernah mencicipi beberapa buku soal management, tapi kebanyakan pada umumnya sih berbasis teori yang lebih cocok buat dijadiin bahan skripsi (dasar pemalas) :”)). Tapi kalau buku ini tuh semacam wahyu Tuhan banget, karena isinya membahas soal petunjuk praktikal dan banyak contoh studi kasus dari kondisi nyata dinamika kerja yang sering terjadi. Buku ini nggak terlalu banyak teori, tapi menurut saya cocok banget untuk dibaca untuk orang-orang awam kayak saya ini yang baru mau menjajal pengetahuan management.

Contoh kasus yang disajikan kerasa greget banget dan dekat di hati (pret), bukan teori-teori rumit njelimet pakai bagan-bagan dar der dor lainnya gitu. Maksudnya, banyak cerita-cerita di buku ini yang cukupΒ relatable sama kehidupan kerja sehari-hari, berikut beberapa skenario masalah dan contoh-contoh penyelesaiannya.Pembahasan permasalahannya pun juga disajikan dengan penggambaran kondisi psikologis jika misalnya menghadapi situasi tersebut. Sedikit banyak jadi sekalian belajar tips-tips berkomunikasi dan yang paling penting menurut saya sih bagaimana kita harus terus sadar untuk terus mengasah empati atau cara memperlakukan kolega kerja kita sebagai sesama manusia, baik secara profesional maupun personal.

 

TOTALLY RECOMMENDED!

So, bagi yang ingin mulai menapak aspek management tapi bingung harus mulai dari mana, saya rasa buku ini sangat menjawab kebutuhan itu. Entah benar-benar suatu saat akan menjadi manager, atau belum, kedua sisi tetap membutuhkan insight management. Misalnya, saya yang sekarang ini yang statusnya sebagai karyawan merasa lebih terbuka dan punya kesadaran yang lebih tinggi untuk mengevaluasi suatu kejadian misalnya, kalau ada keputusan di kantor yang dirasa kurang ngenakkin. Menghindari untuk buru-buruΒ play victim atas kebijakan tempat kerja dan berusaha melihat persoalan dari berbagai macam sisi. Atau bisa jadi melatih untuk tetap berusaha konsisten dan fokus kepada gambaran besar suatu project, kalau-kalau kondisi workflow lagi berantakan dan negatif. Seru bukan kalau kita tiba-tiba udah jadi orang yang capable dan bijak nan berwawasan luas dalam mengantisipasi permasalahan dunia kerja ;).

 

Kalau tertarik beli, di Indonesia saya belinya dari Periplus. Atau kalau mau beli dariΒ Amazon. Review dari GoodreadsΒ juga ciamique nih! Sudah dulu ya, mau lanjut khatamin buku ini. Lagi mencoba konsisten sama advicenya Jack Ma nih, sebisa mungkin baca buku setiap hari sepulang kerja biar jadi gemilang, ahohoho~

 

NEVER STAHP LEARNING :3

One thought on “LEVEL UP! : Practical Management Book

Leave a Reply

