Bengkel Gamelan – Tinker Games KICKSTARTER Campaign

Helloh brosis dev!

Post pertama di WordPress Homemade-Gaming ini repost dari (niatnya) devblog saya dari Bl*gger. Karena satu dan lain hal saya memutuskan untuk berpaling kepada WordPress saja (hehey). So, I remind you this is an old post

Selama 2 tahun perantauan starting career saya di Gameloft Yogyakarta, saya sering menyempatkan diri untuk ikutan komunitas gamedev setempat, khususnya komunitas Gamelan yang biasa mengadakan sharing tiap Kamis dengan pembagian tema gamedev yang berbeda per minggunya (Programming, Art, Game Design & Marketing).

Kebetulan salah satu sharing yang menarik dan terdokumentasikan dengan baik untuk post pertama ini adalah sharing Kickstarter Campaign dari Tinker Games (Bandung) dengan project game mereka “Pale Blue”:

Konon keberhasilan mereka menembus pledge goal menjadi salah satu proyek Kickstarter termahal di Indonesia, sekitar 500 juta! WOW GUYS, JUST WOW.

Dibawakan dengan apik & kocak ke-Sundaan oleh A.J., Sound Director & Producer Tinker Games, sharing Gamelan kali ini kebanyakan berkutat pada hal-hal marketing & creative thinking. Yuk mari cekidot reportasenya!

PREPARATION

 

Starting Kickstarter

CONFIDENCE! Menurut A.J. ini modal pertama untuk memulai kickstarter. Jangan malu & takut kalau sudah mengusahakan persiapan yang matang. Tapi bukan berarti PD asal nekad, namun tetap aware dengan perkembangan yang ada dan terus improve berusaha menghasilkan karya terbaik dan well-polishedStatus well-polished ini yang menurut saya sekarang menjadi nilai mutlak standar game yang harus dikejar, sudah bukan zamannya lagi ‘asal sudah bikin game jadi’. Dengar-dengar juga, progress 40%-60% game (tentunya masih dalam ranah prototype ya) juga meningkatkan tingkat keberhasilan Kickstart.

Marketing Strategy

Jangan menyepelekan aspek bisnis & marketing, apalagi kalau berniat untuk menjadikan produk game sumber duit buat makan, LOL. Marketing dimana-mana memang bukan sebuah ilmu yang pasti dan terus berkembang, dan jangan sungkan untuk menginvestasikan waktu untuk mempelajarinya darimanapun. Perjalanan marketing Tinker berkutat pada mencari investor, networking dan sounding project mereka.

Salah satu strategi yang mereka lakukan adalah menggembar-gemborkan project Pale Blue di social media. Mereka sering memposting proses pembuatan Pale Blue, misalnya post soal sketsa, menggelar lomba (soundtrack & fanart) dan lainnya. Cara ini sukses menggaet hati orang-orang untuk menjadi ‘follower’, karena menimbulkan rasa keterlibatan dalam proses pembuatan game, yang diharapkan bisa menjadi pembeli potensial.

OST Competition di Facebook Pale Blue

Be Realistic

Menentukan goal pledge game juga tidak boleh ngasal. Terlalu besar, kalau goalnya nggak kesampaian, Kickstarter tidak akan mencairkan uangnya, atau bahkan kalau pledgenya terlalu kecil, bisa-bisa backers takut gamenya berkualitas rendah.

Ability to Predict & Counting

Sering-sering mencari info prediksi berbagai kemungkinan & perhitungan rinci biaya. Jangan ragu untuk menyewa jasa orang yang memang kredibel dalam keuangan. Dalam melewati masa-masa sulit, tim Tinker tidak ragu untuk mengencangkan ikat pinggang bila perlu, seperti saat uang investor habis misalnya. Pencatatan rinci detail budgeting sangat direkomendasikan (transport, makan, listrik dll.). Memang terkesan remeh, tapi untuk jangka panjang ini sangat berguna untuk memahami cashflow & menentukan strategi lebih lanjut (Believe me, sesuai pengalaman pribadi selama 2 tahun ketat soal perincian budgeting, efeknya luar biasa dan bisa membantu untuk planning keuangan dalam hal apapun). Kalau mau mencoba sendiri, sudah banyak kok apps-apps untuk budget tracker yang bagus

Use Various Method

Bisa juga memanfaatkan aset-aset project yang ada, misalnya menyiapkan video preview, dijadikan alat promosi atau kumpulan artbook untuk sumber alternatif income. Be creative and open to explore various approach.

GOING OFFICIAL

 

Have US/New Zealand Contact

Langkah pertama untuk bikin akun Kickstarter emang rada-rada nih, hanya bisa didaftarkan oleh orang berkewarganegaraan Amerika/Selandia. Tidak dijelaskan kenapa hanya negara itu. Tinker sendiri memang beruntungnya punya kenalan orang sana. Untuk hal-hal seperti ini peran networking memang penting, atau mungkin alternatif lain bisa titip-titipan akun antar studio yang sudah punya koneksi. He..he..Detail persyaratannya bisa dibaca disini: FAQ Kickstarter

Manage Update

Keep updating! Kalau kamu jarang update, akan menimbulkan keraguan buat para backers jangan-jangan uang mereka akan menguap sia-sia. Terus berusaha untuk mencapai goal set dan rajin menginfokan perkembangan progress akan memaintain kepercayaan backers dan backers potensial. Tips lainnya, upload video proses yang menggambarkan orang-orang dibalik pengerjaan project. Penampakan asli identitas juga menunjang kredibilitas project. Kalau misalnya orangnya unknown terus projectnya gagal, gimana pertanggungjawabannya?

Keeping Crowd

Mirip seperti penjaga update, aktif di forum-forum dan komunitas juga membantu hype kelangsungan project game. Kadang masukan-masukan dari berbagai macam sudut pandang bisa memperkaya dan mempolish progress game kita, kalau ada masalah bisa diperbaiki sebelum rilis official.

Official Softwares

Nah ini yang agak jeprut terutama di Indonesia. Photoshop asli!? Mahal meeennn….Tapi memang idealnya kita menggunakan software asli. Atau kalau masih sulit, coba ulik-ulik software open source. Kenapa going official penting? Siapatahu untuk mencegah masalah di kemudian hari, terlebih di aspek birokrasi. Kan bete kalau game sudah siap rilis internasional misalnya, kesandung masalah license terus jadi ga jadi.

CONCLUSION

 

Begitulah reportase sharing Gamelan oleh Tinker Games ini. Meskipun sudah banyak situs yang menyediakan jasa crowdfunding seperti Kickstarter, sebagai developer tentu jangan terlena bakal langsung kejebrus ketiban modal dalam satu malam. Dibutuhkan dedikasi dna usaha keras untuk membangun kepercayaan, karena pada intinya crowdfunding berdasar pada seberapa besar kepercayaan backers. Tapi bila kita bisa mencapai standard kualitas yang tinggi  dan menunjukkan komitmen dalam proses pengerjaan, bukan tidak mungkin project Kickstarter kita lolos funded.

Modal untuk membuat game tidak sedikit, bahkan menurut A.J. sendiri, 500 juta tergolong ‘sedikit’ (APAH!!) Bayangkan untuk membuat game mobile saja segitu besar, bagaimana yang sudah sekelas AAA-level! Mangkanyo kurang-kurangin beli game bajakan, mfufu..(padahal sendirinya juga masih)

Akhir kata, mungkin ada beberapa poin yang saya lupa, tetapi tetap semangat developer lokal Indonesia jangan berhenti dan terus memoles karya kita menuju kualitas internasional.

Sekali lagi, selamat untuk Tinker Games dan semoga lancar sampai release!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s